Agar pembaca selalu mengunjungi blog atau website- berikut adalah tips dan trik bagaimana membuat pembaca selalu mengunjungi blog atau website kita, ketagihan, bahasa kerennya loyalitas atau kesetiaan sob, terjemahan kasar bahasa Inggrisnya "how to make people stay longer in our website" hehe...sok british kata Jamrud.
Tentunya sobat sekalian ingin website sobat selalu dikunjungi banyak pe...pe...pe...pemirsa. Tentunya pula sobat sekalian ingin pemirsa itu terus mengunjungi website kita. Tulisan ini akan mencoba membahas tentang tips agar pembaca kembali dan kembali lagi ke blog kita (disarikan dari beberapa website konsultan web designer).
1. Content is the king, begitulah bahasa Belanda ke sono dikit, alias Inggris. Bagaimanapun kualitas tampilan website kita, seberapa seringpun kita mempromosikan website kita, tetapi konten tetaplah yang utama. Website dengan konten yang sangat bermanfaat, penyampaian ide yang smooth, akan berkesempatan mengumpulkan massa lebih banyak dibanding website yang tampilan bagus tapi konten gak bermutu.
2. Relevan content. Ini sebenarnya perpanjangan penjelasan dari content is the king. Website dengan konten yang relevan akan membuat konsumen loyal dengan website tersebut. Relevan dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, misalkan waktu. Seperti website portal berita, informasi yang ditampilkan di website tersebut sangat berhubungan erat dengan waktu. Misalkan berita kemenangan Fullham atas Crystal Palace Selasa tgl 22 Oktober 2013, tentu akan relevan ketika saat usai pertandingan langsung beritanya disebarkan melalui portal berita olahraga. Semakin lama jeda waktu pemberitaan, maka akan semakin tidak relevan.
3. Kemudahan mencari informasi spesifik (easy to find). Ini bisa dilakukan dengan memberikan fasilitas search di blog atau website kita. Bagi pengguna Joomla! mungkin sudah familiar dengan advanced search yang bisa memberikan filter pencarian, nah ini bisa lebih mudah lagi. Bisa juga dengan menginstall google search di blog, ditambah dengan pengaturan filter. Mantab sudah, seperti kopi dan susu.
4. Interaktif (interactiveness). Interaktifitas blog dan website akan dapat menaikkan loyalitas pengguna. Apa sih yang dimaksud dengan interaktif itu? Artinya pe...pe...pemirsa (sindrom tukulis kritis muncul) blog dapat berinteraksi dengan website itu atau pengelola website, misalkan dengan memberikan komentar, polling, survey, kuis, dan sebagainya.
5. Navigasi yang mudah. Ibarat orang berlayar di lautan informasi, adanya navigasi atau petunjuk arah ke informasi tertentu akan sangat membantu pemirsa blog. Gampangnya adalah pemetaan informasi, dengan menu-menu, link-link dan sebagainya. Contoh navigasi yang tidak mudah adalah untuk ketika pemirsa blog atau website harus mengklik berbagai macam menu, atau berbagai tingkatan menu terlebih dahulu hanya untuk menemukan alamat kontak pemilik website. Navigasi yang mudah bisa jadi juga diwujudkan dalam pengkategorisasian yang benar. Misalkan Anda mempunyai website toko online yang menjual produk produk elektronik seperti komputer, printer, software. Jangan sampai produk printer itu Anda letakkan di kategori software...Anda langsung menabrak kaidah no.5 dan 3 sekaligus.
6. Banyakin internal link. Apalagi itu internal link? Internal link itu adalah link ke website itu sendiri. Misalkan ke artikel lain di website yang sama, atau ke halaman kontak, atau ke halaman produk, pokoknya link ke website itu sendiri.
7. Information richness (kekayaan informasi). Website dikatakan kaya akan informasi jika dia bisa menyajikan berbagai informasi yang relevan. Misal pemirsa blog sedang membaca artikel utama tentang kemenangan Fullham atas Crystal Palace, sajikan juga informasi tentang pelatihnya, pemain yang membuat gol, tempat pertandingan di adakan, jumlah penonton, sejarah Fullham dan sebagainya-sebagainya. Tetapi agar artikel tersebut enak dibaca, jangan memberikan semua infomasi di satu halaman...ibarat orang beol, udah terlalu penuh :-). Kalau informasi itu sekiranya bisa diceritakan di halaman lain, ya diceritakan di halaman lain, di artikel utama tinggal di kasih link saja.
Sebenarnya banyak tips-tips lain, yang berhubungan dengan konsep desain, seperti pengaturan layout, pewarnaan, tipografi dan sebagainya. Tetapi menurut saya, 7 poin di atas yang paling menjadi kunci, berhubungan langsung dengan content is the king, yang lain serahkan pada web designer.
Demikian tips agar pembaca selalu mengunjungi blog atau website kita. Semoga bermanfaat dan selamat pagi menjelang subuh :-)
Tentunya sobat sekalian ingin website sobat selalu dikunjungi banyak pe...pe...pe...pemirsa. Tentunya pula sobat sekalian ingin pemirsa itu terus mengunjungi website kita. Tulisan ini akan mencoba membahas tentang tips agar pembaca kembali dan kembali lagi ke blog kita (disarikan dari beberapa website konsultan web designer).
1. Content is the king, begitulah bahasa Belanda ke sono dikit, alias Inggris. Bagaimanapun kualitas tampilan website kita, seberapa seringpun kita mempromosikan website kita, tetapi konten tetaplah yang utama. Website dengan konten yang sangat bermanfaat, penyampaian ide yang smooth, akan berkesempatan mengumpulkan massa lebih banyak dibanding website yang tampilan bagus tapi konten gak bermutu.
2. Relevan content. Ini sebenarnya perpanjangan penjelasan dari content is the king. Website dengan konten yang relevan akan membuat konsumen loyal dengan website tersebut. Relevan dapat dilihat dari berbagai sudut pandang, misalkan waktu. Seperti website portal berita, informasi yang ditampilkan di website tersebut sangat berhubungan erat dengan waktu. Misalkan berita kemenangan Fullham atas Crystal Palace Selasa tgl 22 Oktober 2013, tentu akan relevan ketika saat usai pertandingan langsung beritanya disebarkan melalui portal berita olahraga. Semakin lama jeda waktu pemberitaan, maka akan semakin tidak relevan.
3. Kemudahan mencari informasi spesifik (easy to find). Ini bisa dilakukan dengan memberikan fasilitas search di blog atau website kita. Bagi pengguna Joomla! mungkin sudah familiar dengan advanced search yang bisa memberikan filter pencarian, nah ini bisa lebih mudah lagi. Bisa juga dengan menginstall google search di blog, ditambah dengan pengaturan filter. Mantab sudah, seperti kopi dan susu.
4. Interaktif (interactiveness). Interaktifitas blog dan website akan dapat menaikkan loyalitas pengguna. Apa sih yang dimaksud dengan interaktif itu? Artinya pe...pe...pemirsa (sindrom tukulis kritis muncul) blog dapat berinteraksi dengan website itu atau pengelola website, misalkan dengan memberikan komentar, polling, survey, kuis, dan sebagainya.
5. Navigasi yang mudah. Ibarat orang berlayar di lautan informasi, adanya navigasi atau petunjuk arah ke informasi tertentu akan sangat membantu pemirsa blog. Gampangnya adalah pemetaan informasi, dengan menu-menu, link-link dan sebagainya. Contoh navigasi yang tidak mudah adalah untuk ketika pemirsa blog atau website harus mengklik berbagai macam menu, atau berbagai tingkatan menu terlebih dahulu hanya untuk menemukan alamat kontak pemilik website. Navigasi yang mudah bisa jadi juga diwujudkan dalam pengkategorisasian yang benar. Misalkan Anda mempunyai website toko online yang menjual produk produk elektronik seperti komputer, printer, software. Jangan sampai produk printer itu Anda letakkan di kategori software...Anda langsung menabrak kaidah no.5 dan 3 sekaligus.
6. Banyakin internal link. Apalagi itu internal link? Internal link itu adalah link ke website itu sendiri. Misalkan ke artikel lain di website yang sama, atau ke halaman kontak, atau ke halaman produk, pokoknya link ke website itu sendiri.
7. Information richness (kekayaan informasi). Website dikatakan kaya akan informasi jika dia bisa menyajikan berbagai informasi yang relevan. Misal pemirsa blog sedang membaca artikel utama tentang kemenangan Fullham atas Crystal Palace, sajikan juga informasi tentang pelatihnya, pemain yang membuat gol, tempat pertandingan di adakan, jumlah penonton, sejarah Fullham dan sebagainya-sebagainya. Tetapi agar artikel tersebut enak dibaca, jangan memberikan semua infomasi di satu halaman...ibarat orang beol, udah terlalu penuh :-). Kalau informasi itu sekiranya bisa diceritakan di halaman lain, ya diceritakan di halaman lain, di artikel utama tinggal di kasih link saja.
Sebenarnya banyak tips-tips lain, yang berhubungan dengan konsep desain, seperti pengaturan layout, pewarnaan, tipografi dan sebagainya. Tetapi menurut saya, 7 poin di atas yang paling menjadi kunci, berhubungan langsung dengan content is the king, yang lain serahkan pada web designer.
Demikian tips agar pembaca selalu mengunjungi blog atau website kita. Semoga bermanfaat dan selamat pagi menjelang subuh :-)

0 komentar:
Posting Komentar