Selasa, 12 Mei 2015

Cari tahu potensi jualan produk menggunakan google trends (Bag. 1)

18.52

Google menyediakan alat yang mujarab bernama Google Trends untuk mengetahui seberapa populerkah suatu istilah di pencarian Google. Alat ini sangat bermanfaat bagi mereka yang berjualan online. Mengapa? Karena dengan mengetahui kepopuleran kata kunci tersebut, maka kita bisa menentukan target produk yang kita jual, melakukan segmentasi, terutama berdasarkan geografi, dan sebagainya. Nah, bagaimana penggunaan Google trends ini?

Misalkan kita adalah seorang pemasar produk pakaian bayi berupa baju bayi dan popok dan sebagainya. Bagaimana kita akan melakukan targetting produk tersebut melalui Google Trends? Pertama, Anda kenali ciri produk tersebut, Kalau popok, pastilah untuk bayi yang baru lahir hingga menginjak sekitar 2 tahun. Adakah istilah lain untuk popok bayi? Mungkin tidak. Nah, kalau begitu enak, kita tinggal mencari seberapa populer popok bayi berdasarkan geografis pencariannya. Kalau ada kata lain dari popok dan bayi, misalkan balita, maka kita harus membandingkan kepopuleran dua kata kunci tersebut.

Oke, sebelum lanjut, kita coba dulu satu kata kunci (2 suku kata), yaitu popok bayi. Sebelumnya, silahkan logout dari semua akun google terlebih dahulu,  kemudian:
1. Buka google trends Indonesia https://www.google.co.id/trends/
2. Bentangkan tombol menu di bagian kiri atas, dan pilih menu 'jelajahi', kemudian pilih negara 'Indonesia' di bagian atas tab pembanding istilah penelusuran.


3. Geser layar ke bawah hingga terlihat minat kawasan. Pada bagian kanan atas, akan terlihat dua pilihan filter tampilan, yaitu wilayah dan kota. Klik yang kota. Akan tampil minat kawasan terhadap popok bayi.


Sampai di sini sebenarnya langkahnya sudah bisa untuk Anda melakukan targetting berdasarkan wilayah. Dari gambar di atas ternyata kota yang memiliki minat cukup tinggi terhadap popok bayi adalah Jakarta, Surabaya, dan Semarang. Jadi, mulai sekarang, siap siap cari distributor atau cari pelanggan di tiga kota besar tersebut. Dan jika Anda sudah memiliki website jualan popok bayi, maka gunakan kata-kata yang menyasar kota tersebut. Contoh "Popok Bayi Murah Jakarta", dll. 

Nah, Google trends di atas kita gunakan untuk mengetahui kepopuleran istilah untuk kata yang tidak memiliki padanan. Bagiamana jika kita gunakan untuk produk yang memiliki padanan kata, misalkan pakaian bayi dan baju bayi. Lebih populer manakah dari kedua istilah tersebut?



Written by

We are Creative Blogger Theme Wavers which provides user friendly, effective and easy to use themes. Each support has free and providing HD support screen casting.

0 komentar:

Posting Komentar

 

© 2013 Segala tentang pembuatan website. All rights resevered. Designed by Templateism

Back To Top